Kuala Kurun – Wakil Bupati Gunung Mas (Gumas) Efrensia L. P Umbing launching Sekolah Lansia Barigas, dengan disaksikan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimatan Tengah, Kepala DPPKBP3A Gunung Mas, Camat Kurun, beserta peserta lansia yang hadir. Kegiatan dilaksanakan di Posyandu Lansia Anggrek Kertawredatama Kelurahan Kuala Kurun, tepatnya jalan A. Runting Gang Swadaya No. 96a, Senin (26/02/2024).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Gumas menyampaikan bahwa salah satu visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Gumas yaitu Smart Human Resources, hal ini sejalan dengan visi dibentuknya Sekolah Lansia, yaitu untuk mewujudkan Lansia yang SMART (Sehat,Mandiri,Aktif dan Produktif) serta Bermartabat dalam 7 Dimensi Lansia Tangguh secara utuh yang berguna bagi diri sendiri,keluarga,masyarakat dan negara.

“Saya menyambut dengan baik adanya Sekolah Lansia di Kabupaten Gunung Mas, dimana sesuai dengan motto Kabupaten Gunung Mas Habangkalan Penyang Karuhei Tatau, yang berarti kumpulan, himpunan cita-cita yang menyatu atas dasar tekad dengan semangat yang tinggi dengan didasari agama dan keimanan dalam upaya bersama untuk membangun,” ujarnya.

Menurut Efrensia, salah satu permasalahan yang dihadapi lansia adalah masalah kesehatan, dimana menurut WHO beban kesehatan lansia di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah berasal dari penyakit-penyakit seperti jantung,stroke,gangguan penglihatan,dan gangguan pendengaran.

Sekolah Lansia menjadi salah satu wadah dalam membentuk Lansia tangguh dan mandiri karena Sekolah Lansia tidak hanya sekedar mempelajari aspek fisik,namun di dalamnya memiliki keterkaitan antar elemen baik sosial, psikologis, ekonomi dan spiritual.

“Oleh karena itu, sekolah lansia menjadi upaya agar lansia tetap mempertahankan kemandirian, sehat, aktif dan produktif sangat esensial, karena kesehatan yang buruk pada lansia tidak hanya berdampak bagi individu tetapi juga bagi keluarga dan masyarakat luas,” Jelasnya.

“Harapan saya semoga Sekolah Lansia yang sudah terbentuk dapat berjalan dengan baik dan sukses sehingga dapat menjadi menjadi percontohan (Pilot Project) pembentukan Sekolah Lansia selanjutnya,” lanjutnya

Sementara itu kepala DPPKBP3A kabupaten Gunung mas, Dr. Rina menyampaikan bahwa visi dan misi Sekolah Lansia antara lain yaitu untuk mewujudkan Lansia yang SMART (Sehat,Mandiri,Aktif,dan Produktif ).

Lalu sambung dia, misinnya ialah meningkatkan kualitas kegiatan kelompok BKL dalam mewujudkan lansia tangguh, meningkatkan pemahaman lansia tentang konsep SMART dalam lingkup 7 dimensi lansia Tangguh, meningkatkan pengetahuan lansia tentang proses menua sehat dan sakit, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku lansia tentang kesehatan fisik dan mental, tentang kehidupan sosial dan ekonomi serta meningkatkan pengetahuan,keterampilan dan perilaku lansia tentang lingkungan yang mendukung kehidupan lansia.

“Pembelajaran di Sekolah Lansia menggunakan pendekatan andragogi dan untuk bentuk pembelajaran kontekstual kegiatan belajar dilaksanakan agar lansia terpacu untuk belajar dengan perasaan senang, pembelajaran dilakukan secara konvensional atau daring,” tutupnya.