Foto Diskominfosantik : Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing, saat menyampaikan sambutan dan arahannya sekaligus membuka kegiatan Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD)

mmc.gunungmaskab.go.id – Wakil Bupati Gunung Mas (Gumas) Efrensia L.P Umbing, membuka kegiatan Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Gunung Mas Tahun 2025, sekaligus Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025- 2045. Kegiatan dipusatkan di aula Bapperida Gumas, Kamis pagi, (4/4/2024).

Dalam sambutannya Efrensia menyampaikan bahwa musrenbang merupakan momen penting bagi kita semua untuk bersama-sama merumuskan arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah yang akan dijalankan dalam jangka pendek hingga jangka panjang yang akan datang.

“Melalui diskusi dan perbincangan yang konstruktif dan partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan, kita dapat mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan mencari solusi yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan di seluruh wilayah kita,” katanya, (4/4).

Lebih lanjut ia jelaskan, rumusan rancangan RPJPD kabupaten gunung mas tahun 2025-2045, visi pembangunan daerah yaitu, “Gunung Mas be Smart” berkelanjutan, sejahtera, dan maju berbasis agro resources dan tourism.

Guna mencapai visi tersebut ditetapkan empat misi yaitu, mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, berkualitas dan modern, mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang adil dan berkesinambungan, mewujudkan produktivitas ekonomi yang maju, kreatif, dan berkelanjutan berbasis keanekaragaman potensi daerah dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

“Dari keempat misi tersebut, tentunya mendukung pilar pembangunan pada RPJPN, yaitu pilar transformasi sosial, pilar transformasi ekonomi, pilar ketahanan ekologi, dan pilar transformasi tata kelola,” ujarnya.

Agenda pembangunan tahun 2025, sambung Efrensia, yakni “pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan” dimana peningkatan infrastruktur yang menjadi pondasi utama bagi pembangunan yang berkelanjutan diharapkan menjadi daya ungkit bagi peningkatan ekonomi wilayah, peningkatan akses Pendidikan dan Kesehatan, serta peningkatan kapasitas pemberberdayaan Masyarakat.

“Ditahun 2025 banyak hal-hal yang menjadi prioritas, mulai dari peningkatan akses pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat, peningkatan daya saing SDM dengan pelatihan, peningkatan kerja sama penempatan tenaga kerja daerah dengan perusahaan atau pelaku usaha di daerah, pembangunan dan pemeratan infrastruktur pelayanan publik bagi kesejahteraaan masyarakat sesuai kewenangannya, perluasan dan peningkatan produktivitas ekonomi terhadap komoditas unggulan daerah, peningkatan kualitas lingkungan hidup, peningkatan kualitas ASN melalui kerja sama dengan Lembaga pendidikan maupun daerah Lain yang berprestasi dan peningkatan tata kelola pemerintahan ke arah digital,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni, unsur Forkopimda Gunung Mas, Sekretaris Daerah, Anggota DPRD Gumas, Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalteng, yang diwakili Kepala Bidang Perekonomian, SDA dan Kerjasama, Assiten Setda Gumas, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Gunung Mas, Tokoh Masyarakat Tokoh Agama serta Pejabat Eselon III dan Eselon IV.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Gunung Mas (Bapperida), Yantrio Aulia, menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut ialah untuk membahas rancangan RKPD kabupaten tahun 2025 terkait kondisi umum, kerangka ekonomi, sasaran prioritas, arah kebijakan, rencana kerja dan kinerja pemerintahan daerah dan musrenbang RPJPD kabupaten gunung mas 2025-2045 ini bertujuan membahas rancangan RPJPD dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi, dan kesepakatan terhadap visi, misi, arah kebijakan, serta sasaran pokok RPJPD.

“Kepada seluruh peserta yang hadir, saya harap agar dapat menyampaikan saran dan pendapat untuk menyempurnakan rancangan RKPD kabupaten gunung mas tahun 2025 dan penyempurnaan rancangan RKPD tahun 2025, sekaligus adanya saran pendapat untuk menyempurnakan rancangan RPJPD kabupaten gunung mas 2025-2045,” tukasnya.