Kuala Kurun – Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas menerima siswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar SMKN 1 Kuala Kurun sebanyak 8 orang, Yang bertempat di kantor DPKP pada senin, (29/1/2024).

Kegiatan di isi dengan acara seremonial penyerahan dari pihak sekolah serta guru dan selanjutnya akan dimulai praktik di Balai Benih Ikan (BBI) Kuala kurun dan untuk jadwal praktik akan diatur dengan jumlah yang cukup.

Kepala DPKP Gunung Mas Eigh Manto, mengatakan, selama PKL siswa akan terjun langsung untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang ada di BBI Kurun seberang di tiga komoditas, yakni ikan patin, nila dan gurami.

“Dilokasi BBI nanti siswa akan belajar bersama dan mengasah diri bagaimana secara langsung siswa dapat mengenal beberapa komoditas ikan” ujarnya (29/1).

Ia mengucapkan sangat bersyukur bahwa pihak sekolah telah mempercayakan kepada DPKP gumas untuk pelaksanaan magang atau PKL , sebagaimana kami akan membina anak anak untuk mempersiapkan diri pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas , “kita asah dan itu menjadi tugas kita bersama dalam pembinaan pada siswa,” terangnya.

Adapun yang akan dipraktikkan oleh anak-anak siswa SMKN 1 Kurun ini, dari tiga komoditas itu langsung dibimbing oleh pihak balai dan rekan-rekan pemegang komoditas yang ada, agar anak-anak praktik bisa langsung melihat dan tahu bagaimana caranya pemijahan, pendederannya, cara mengawinkan sampai proses panen.

Lalu ia meminta kepada siswa SMKN 1 Kurun sambungnya, agar benar-benar bisa mendistribusikan ilmu yang didapatkan di BBI kurun seberang.

“Tentu, itu bisa dijadikan bekal untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, serta melanjutkan aktivitasnya ke masyarakat di bidang perikanan,” tukasnya.