GUNUNG MAS – Pertandingan bola volly antar tenaga pendidik antar satuan pendidikan di wilayah kecamatan kurun, dibuka secara resmi oleh Bupati Gunung Mas (Gumas) yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Richard, yakni dalam rangka memperingati HUT PGRI dan hari Guru Nasional ke 78, berpusat di lapangan bola volley Bank Kalteng Kuala kurun, Selasa (21/11/2023).

Dalam sambutan Sekda Gumas Richard, menyampaikan bahwa kita patut gembira dengan dilaksanakannya pertandingan bola volley, yang mana ini adalah puncak dari rangkaian kegiatan untuk menyambut hut PGRI dan hari Guru Nasional ke -78 dan selain itu sebagai tempat untuk menyalurkan hobby dan bakatnya.

“Ya, kegiatan ini dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan para guru sekaligus menciptakan guru guru yang sehat jasmani dan rohani untuk mewujudkan kabupaten Gumas Smart Sumber Daya Manusia (SDM”,” Katanya.

Menurutnya dengan adanya pertandingan ini, secara tidak langsung merupakan upaya kita bersama dalam mengembangkan olahraga bola volly di Kabupaten Gunung Mas.

“Tentu saja kedepannya para pemain yang mengikuti pertandingan ini dapat terus dibina dan mengembangkan diri untuk mengikuti pertandingan pada ajang yang lebih besar lagi,” ujar Richard.

Dirinya berpesan kepada wasit agar menjalankan tugas dengan jujur, tegas dan objektif dan kepada panitia penyelenggara, persiapkanlah pertandingan demi pertandingan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Sementara itu ketua panitia kegiatan Mulyanto menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan perdana melalui pengurus PGRI Kecamatan Kurun, dengan peserta dari tenaga pendidik tingkat SMA, SMP, SD, TK dan PAUD Wilayah Kecamatan Kurun yang terdiri dari 20 team campuran dan 13 team putri.

Kegiatan ini juga bertujuan, sambung Mulyanto, ialah sebagai bentuk silahturahmi dan sebagai wadah berkumpul bagi tenaga pendidik dan bisa menjadi agenda rutin dari program PGRI kedepannya.

Disamping itu juga bertujuan untuk memeriahkan hari Guru Nasional ke -78 yang dapat memberikan ruang bagi tenaga pendidik untuk tampil enerjik dalam membentuk karakteristik seorang Guru.

“Dengan membangun semangat persaudaraan, kekompakan, kebersamaan dan kekeluargaan sehingga guru guru dapat menggali potensi, kemampuan dan bakat dalam bidang olahraga,” Jelasnya.

Tak lepas dari itu Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunung Mas, Aprianto mengatakan, PGRI sangat intens dalam memberikan dukungan kepada pemerintah daerah dalam hal ini Disdikpora, dimana PGRI sudah melaksanakan pelatihan bagi Guru dan Kepala Sekolah.

“Pastinya salah satu wujud untuk mengembangkan smart SDM di kabupaten yang kita cintai ini,” tutur Aprianto.

Sekali lagi saya ucapkan selamat bertanding kepada tenaga pendidik yang ada di wilayah Kecamatan Kurun. “Dengan digelarnya pertandingan bola volly dapat meningkatkan eksistensi PGRI sebagai organisasi Profesi Guru yang kuat dan bermartabat,” tukasnya.