Kuala Kurun – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gunung Mas menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu untuk Kalangan Masyarakat yakni, dalam rangka mengedukasi serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pengawasan pada Pemilu tahun 2024.

Acara berlangsung di aula Bappedalitbang Kabupaten Gunung Mas,  pada Selasa, 30 Januari 2024, dimulai pukul 09.00 WIB dengan dihadiri oleh berbagai komunitas yang menjadi bagian integral dari masyarakat Gunung Mas.

Ketua Bawaslu Gumas Yepta H Jinal, melalui Komisionernya Sukjani, menegaskan komitmen untuk melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu, tidak lain seperti meminimalkan berbagai potensi pelanggaran seperti politik uang, isu SARA, sebaran berita bohong serta ujaran kebencian.

“kita mengajak para tokoh ini supaya aktif dalam mengawasi pemilu tahun ini, karena mereka memiliki komunitas di lingkungan masing-masing yang memudahkan edukasi tentang berbagai pelanggaran pemilu,” Jelasnya.

Menurutnya, peran dari tokoh-tokoh inilah yang dapat membantu pelaksanaan, serta pengawasan baik di lingkungan bahkan kepada sesama kalangan, maupun keluarga.

“Kita ingin menggandeng seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali agar mereka paham dengan tahapan pemilu karena mungkin mereka tidak mendapat akses terhadap informasi kepemiluan dan turut mengawasi jalannya pemilu di setiap tahapan,” Ujarnya.

Lalu, Bawaslu Gunung Mas berupaya memastikan bahwa setiap warga, tanpa memandang latar belakang atau kondisi sosialnya, dapat berpartisipasi aktif dalam pengawasan Pemilu.

Iya menekankan pentingnya pemahaman masyarakat terhadap tahapan-tahapan Pemilu sebagai landasan utama untuk mengawasi proses tersebut selain itu, kesenjangan informasi yang mungkin dialami oleh sebagian Masyarakat dapat terpecahkan.

Kegiatan juga diisi dengan penandatangan oleh pihak media melalui Sekretaris PWI Gunung Mas Arham Said dengan Komisioner Bawaslu Sukjani, dalam hal partisipatif pengawasan Pemilu 2024, dengan disaksikan, Perwakilan dari Diskominfosantik Gunung Mas, Kabid PIP Emi Juniati, Tokoh Masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan ketua Pengurus Karang Taruna Gunung Mas.

Bawaslu Gumas juga menghadiri Pemateri Dari Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, Yakni Mantan Anggota Bawaslu Kuala Kapuas Heri Galis.