Gunung Mas – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) bersama ratusan pengawas ad hoc akan mengawasi pendistribusian logistik Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 di daerah setempat.

“Pengawas ad hoc yang dimaksud mulai dari Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dan Sekretariat, Pengawas Kelurahan/Desa (PKD), hingga Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS),” kata Ketua Bawaslu Gunung Mas Yepta H Jinal di Kuala Kurun, Rabu (31/01/2024)

“Sebanyak 553 orang pengawas ad hoc akan mengawasi pendistribusian logistik di Gumas, dengan rincian 36 orang Panwascam, 127 orang PKD, dan 390 orang PTPS, 96 orang sekretariat Panwascam juga akan ikut mengawasi,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa pengawasan akan dilakukan secara berjenjang, sejak dimulainya pendistribusian dari Gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunung Mas yang terletak di Kuala Kurun, berlanjut ke kecamatan, desa/kelurahan, hingga ke TPS.

“Ratusan pengawas ad hoc, baik itu Panwascam, PKD, maupun PTPS, sudah mengikuti berbagai bimbingan teknis terkait kepemiluan, termasuk dalam hal pengawasan penyaluran distribusi logistic,” jelas Yepta.

Dirinya berharap nantinya mereka bisa menjalankan tugas dengan baik dalam mengawasi pendistribusian logistik. “Terlebih mereka merupakan penduduk setempat yang sudah mengetahui medan pendistribusian logistik,” tukasnya.