Gunung Mas – Upt. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas melaksanakan kegiatan pelatihan BTCLS, dan Triase, dengan diikuti 50 peserta pelatihan diantaranya 25 orang pelatihan BTCLS dan 25 orang pelatihan triase. Kegiatan dilaksanakan di aula RSUD Kuala kurun, Rabu (24/5/2022).

Direktur Rumah sakit Dr.Rusni D.Mahar menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dasar bagi tenaga kesehatan, dimana agar dapat melakukan pertolongan pertama secara tepat dan benar, disaat pertama kali menemukan pasien yang tidak sadarkan diri, kontraksi henti jantung dan henti nafas.

“Tentunya tenaga kesehatan juga dapat memilah pasien gawat darurat dengan cepat, tepat, akurat serta meningkatkan mutu pelayanan pasien secara khusus,” ujarnya.

Lebih lanjut ia katakan, kegiatan ini sangat penting dilakukan selain untuk pertolongan nyawa pasien, namun juga syarat utama yang wajib dimiliki oleh tenaga kesehatan, khususnya bagian keperawatan sebagai standar akreditasi rumah sakit.

“Dengan adanya pelatihan ini saya harapkan seluruh peserta dapat mengikuti secara sungguh sungguh dan mencapai hasil yang memuaskan, agar mampu menciptakan pelayanan yang prima di RSUD Kuala kurun,” jelas Dr. Rusni.

Ditempat yang sama ketua panitia kegiatan Wintiani,Skep.Ns mengatakan, terlaksananya kegiatan ini atas kerjasama UPT.RSUD Kuala kurun dan himpunan perawat gawat darurat dan bencana Indonesia Kalimantan Selatan.

“Besar harapan kami kepada peserta pelatihan untuk dapat mengikuti kegiatan ini secara daring dan luring hingga sampai selesai, terutama lulus dengan hasil yang memuaskan,” katanya.

Ia katakan, pelatihan ini juga mengarahkan peserta agar dapat melakukan penatalaksanaan pasien dengan gangguan pernapasan dan jalan napas.

“Juga melakukan penatalaksanaan pasien akibat trauma yakni, kepala dan spinal, thorak dan abdomen musculoskeletal, dan luka bakar, serta melakukan penatalaksanaan pasien dengan gangguan sirkulasi,” tandasnya.