Kuala Kurun – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar rapat fasilitas pembentukan panitia pemilihan desa pilkades serentak gelombang I Tahun 2022, bertempat di Aula Bappedalitbang, Rabu (27/4/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Kabid Pemerintahan Desa DPMD Kab. Gunung Mas Hendra Surya, S.E., M.M, Kasi Penataan dan Penguatan Kapasitas Pemerintah DPMD Kab. Gunung Mas Boby S.STP. M.Si, Kasat Intelkam Polres Gunung Mas yang diwakili oleh Kanit I Sat Intelkam, serta Camat se-kabupaten Gunung Mas.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Gunung Mas Yulius, SH menyampaikan materi mengenai Tata Cara BPD dalam Pembentukan Panitia Pemilihan Pilkades tingkat desa (Panpildes) Gel. I Tahun 2022.

Serta dalam materinya terdapat pokok-pokok perubahan regulasi dasar pelaksanaan Pilkades Gel. I Tahun 2022, kendala yang dihadapi dalam pilkada saat ini terkait pandemi covid-19 kerawanan klaster covid-19 pada tahapan Pilkades, teknis pembentukan Panpildes melalui rapat musyawarah BPD, struktur panpildes, draf rancangan tahapan pilkades, dan mekanisme penyusunan data daftar pemilih

“Secara Teknis terkait penyelenggaraan pilkades yang lebih detail akan disampaikan melalui Bimtek Panpildes yang akan diselenggarakan pada tanggal 18-21 Mei 2022,” ujarnya.

Kanit I Sat Intelkam Bripka Dody menyampaikan arahan dari Kasat Intelkam untuk meminimalisir peningkatan fatality rate akibat covid-19 Pemda Gunung Mas beserta Polres Gunung Mas telah melaksanakan kegiatan peningkatan vaksinasi di daerah-daerah Dia menambahkan bahwa  Polres Gunung Mas bersama DPMD Kab. Gunung Mas akan melaksanakan kegiatan deklarasi damai dan penandatanganan pakta integritas oleh Calon Kades dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pilkades.

Kami berharap BPD Gumas ikut menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat dalam pelaksanaan Pilkades serta dalam mendukung upaya peningkatan vaksinasi di desa masing-masing 

Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Kabid Pemerintahan Desa DPMD Kab. Gunung Mas Hendra Surya, S.E., M.M, terkait teknis pembentukan Panpildes oleh BPD dan dengan pembagian materi paparan dan bahan rapat musyawarah.