Gunung Mas – Wakil Bupati Gunung Mas (Gumas) Efrensia L.P. Umbing mengikuti rapat evaluasi program strategis pemerintah daerah bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang dihadiri Gubernur dan Walikota se Indonesia melalui video conference, di ruang rapat lantai I kantor Bupati, (24/01/2022).

Wabup Gumas mengatakan, pemerintah Kabupaten mulai menyusun e-katalog lokal, yang memuat banyak produk lokal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). “Tentunya ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya korupsi di lingkungan pemerintah adalah dengan digitalisasi dalam pengadaan barang dan jasa,” ujarnya.

Efrensia, menjelaskan digitalisasi yang dimaksud adalah penggunaan e-katalog, baik itu e-katalog nasional maupun e-katalog lokal.

“Pada e-katalog jelas termuat harga dan bukti transaksi guna mencegah barang fiktif, penggelembungan harga, serta mempercepat realisasi anggaran,” terangnya.

lebih lanjut, Wabub Gumas menyampaikan, manfaat e-katalog juga untuk pemberdayaan UMKM, karena produk lokal bisa dipasarkan menggunakan e-katalog.

Selama ini, e-katalog hanya dibuat Pemerintah Pusat namun sekarang pemerintah daerah bisa berkreasi membuat e-katalog sendiri.Tentunya dalam pembuatan e-katalog lokal melalui berbagai proses dan harus ada persetujuan dari LKPP.

Hal itu akan sangat membantu UMKM dalam memasarkan berbagai produk yang mereka hasilkan.“Saat ini kita memakai e-katalog nasional. Sekarang kita diberi kesempatan membuat e-katalog lokal dan memasukkan produk-produk UMKM kita. Itu yang dan sedang kita susun,” tandasnya.