Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) , menggelar kegiatan Sosialisasi Pendampingan Admin dan Penggunaan E-Kinerja, yang dilaksanakan di GPU Damang Batu, Senin (22/11/2021).

Praktik pengisian E-Kinerja, didampingi dua pembimbing dari tenaga ahli Teknologi Informasi Diskominfosantik Gumas dalam penjelasan mengoperasikan E-Kinerja yang benar, dengan diikuti perwakilan dari seluruh Dinas/Badan di Gumas.

Kepala Dinas Kominfosantik Gumas, Ruby Haris mengatakan, Pelatihan E- Kinerja diberikan kepada admin dan user/pengguna dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas.

“Pelatihan ini diberikan untuk memperkenalkan apa itu aplikasi E-Kinerja serta bagaimana cara penggunaannya,” katanya (23/11).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, Aplikasi E- Kinerja digunakan untuk menilai kinerja/pekerjaan Aparatur Sipil Negara (ASN) serta kedisiplinan ASN.

“Dari output aplikasi ini dapat dihitung berapa besaran tambahan penghasilan pegawai (TPP) yang dapat diperoleh oleh masing masing ASN,” jelasnya.

Ia berharap, dengan penggunaan aplikasi e-kinerja ini dapat meningkatkan kedisiplinan ASN karena absensi elektronik akan memberikan kontribusi sebesar 40% bagi TPP serta kinerja ASN dapat diukur dengan jelas.

“Karena setiap ASN, wajib menginput tugas, pekerjaan hariannya ke dalam aplikasi E-Kinerja, dimana inputan tugas akan berkontribusi sebesar 60% dari total TPP,” ujar Ruby haris.

“Dengan E- Kinerja ini setiap ASN akan berlomba lomba untuk menunjukkan kinerja sebagai ASN,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pengelolaan Data Statistik dan Layanan E-Goverment pada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Kotawaringin Barat Zeno Hendra Kurniawan, (Narasumber) mengatakan, E- Kinerja sendiri manfaatnya untuk capaian indikator kinerja  agar PNS lebih produktif.

“Kalau PNS tidak bekerja dengan termonitoring dan terkontrol, atasan bisa mengetahui dan mengontrol apa yang dilakukan oleh bawahannya,” ujarnya.

Zeno hendra berharap, dengan program Pemerintah khususnya aplikasi E-Kinerja. dapat meningkatkan produktivitas kerja.

“Kami juga membangun pertemanan kerjasama Kabupaten lain di Kalteng terutama dari teman-teman Dinas Kominfo untuk saling bertukar pengetahuan,” pungkasnya.

%d blogger menyukai ini: