Kuala Kurun – Wakil Bupati Gunung Mas (Gumas) Efrensia L.P Umbing, didampingi, Asisten III Setda, Yulius Agau, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Persandian dan Statistik, Ruby Haris, dan Kepala Dinas Kominfosantik dan Persandian Kotawaringin Barat Rody Iskandar, S.Sos M.Si, membuka kegiatan Sosialisasi dan Launching Aplikasi Penilaian Kinerja (E-Kinerja) Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, di GPU Damang Batu Kuala Kurun, Senin (22/11 2021).

Dalam sambutannya Efrensia mengatakan, Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, mengamanatkan pola manajemen yang terpadu dan sistematis.

“Penerapan manajemen PNS  menjadi salah satu tuntutan yang harus dipenuhi, guna meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN),” Ujarnya, (22/11).

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, dengan adanya Aplikasi E-Kinerja, dapat menjadi salah satu pencapaian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas, dalam memenuhi Visi dan Misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Salah satunya, yaitu meningkatkan kualitas pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan mempercepat reformasi birokrasi, dengan merujuk kepada 3 (tiga) SMART konsep pembangunan Kabupaten Gunung Mas, yaitu Smart Agro, Smart Human Resources dan Smart Tourism,” ujarnya.

Menurut dia, penerapan manajemen PNS, menjadi tuntutan yang harus dipenuhi guna meningkatkan kinerja ASN. “Dalam kegiatan hari ini, sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Gunung Mas untuk memberikan pemahaman kepada pengguna (user) dalam penerapan Aplikasi Manajemen Kinerja atau E-Kinerja.

Lanjutnya, bulan maret tahun 2021, menjadi rangkaian awal Pemkab Gumas melakukan Kaji Banding mengenai manajemen kinerja ASN, ke Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar), dimana Kobar, merupakan Kabupaten di Kalimantan Tengah yang banyak dijadikan percontohan dalam penerapan manajemen kinerja ASN berbasis E-Kinerja.

Ia menambahakan, pada tanggal 12 April 2021, telah ditanda tangani Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Nomor 6 Tahun 2021 dan Nomor 134.1.1/05/KSDD.KB/PEM/2021, Tentang Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Pemerintahan.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Gumas Yansiterson dalam  sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten tiga Yulius Agau menyampaikan, maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut diantaranya untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan penggunaan aplikasi E-Kinerja Kabupaten Gunung Mas.

Ya, salah satunya untuk mengetahui dan memberikan pemahaman secara implementasi dan penggunaan aplikasi E-Kinerja dalam manajemen ASN untuk meningkatkan kinerja ASN dari Pemerintah Kabupaten Gunung Mas,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Kepala Dinas Kominfosantik dan Persandian Kotawaringin Barat Rody Iskandar, beserta Tim diantaranya, Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Eddy Kusnandar, S.Sos , M.AP, Kepala Sub Bagian Kinerja dan Reformasi Birokrasi Sekretariat Daerah Ahmad Effendi, S.Sos, M.M, Kepala Sub Bidang Disiplin Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Donny Putra, SH, Kepala Bidang Pengelolaan Data Statistik dan Layanan E-Government Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Zeno Hendra Kurniawan, ST, M.A.P.

Kepala Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Sholikhul Hadi, S.Stp, M.Tr.I.P, Kepala Seksi Pengelolaan Data Statistik dan Integrasi Sistem Informasi Arie Midiah Utami Rauf, S.IP, Pengawas Teknologi Informasi Musfrizal, SE, Verifikator E-Kinerja Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Christine Triana Singarimbun, Programmer Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kotawaringin Barat Liyan Karunia Putri, S.Kom.

%d blogger menyukai ini: