Kuala kurun ­– Peringati Hari Ulang Tahun Dewan Adat Dayak  (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah ke 14 Tahun 2021, DAD Kabupaten Gunung Mas, menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) berupa paket sembako kepada tokoh Adat, diantaranya Damang, dan Mantir adat, selanjutnya akan diberikan kepada lanjut usia (Lansia) yang terdampak banjir. kegiatan dilaksanakan di  Gedung utama DAD, pada Senin (4/10/2021).

“Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian DAD Provinsi Kalteng dan DAD Kabupaten Gunung Mas terhadap tokoh adat dan lansia,” kata Bupati Gumas Jaya Samaya Monong, selaku Ketua Umum DAD Gumas, saat diwawancarai awak media (4/10).

Dirinya berharap, kedepanya DAD Gumas dapat lebih banyak berperan, dalam mengajukan hal – hal yang terkait dengan adat di wilayah Gumas.

Jaya juga mengimbau kepada Damang di 12 Kecamatan yang ada di Gumas, agar berperan aktif didalam upaya mencegah penyalahgunaan narkoba. “Saya minta kepada Damang dan Mantir, dapat berkoordinasi dengan pihak berwajib seperti Polsek di Kecamatan,”. Ujarnya.

Disamping itu Ketua Harian DAD Gumas Herbert Yasin mengatakan untuk  penerima bantuan khususnya tokoh adat dan tokoh masyarakat yang lanjut usia, disamping itu bantuan paket bahan pokok ini tersedia  dari DAD Provinsi dan DAD Gumas.

“Untuk Mantir  adat  kurang lebih 45 orang, mantan Damang 1 orang, mantan mantir adat 1 orang, dan orang tua yang lanjut usia dari Kelurahan Tampang Tumbang Anjir berjumlah 10 orang,” ucapnya, (4/10).

Ia juga mengatakan Sebagian Paket  bahan pokok ini akan kita antarkan langsung ke Kecamatan Tewah, Tumbang Miri dan Tumbang Napoi.”dimana banyak  Mantir dan tokoh adat yang terkena dampak banjir kurang lebih enam desa,” tandasnya.

%d blogger menyukai ini: