FOTO : Siswa SMAN 1 Kurun nampak semangat dan serius ketika mengikuti KBM secara tatap muka, Senin (24/5/2021).

Kuala Kurun – Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) uji coba secara tatap muka di SMA Negeri 1 Kurun Kabupaten Gunung Mas, sudah diterapkan pada senin 24 Mei 2021. Pihak sekolah tetap menerapkan Protokol Kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19.

“Untuk siswa kelas 10 dan kelas 11, hanya dilaksanakan hari ini saja sesuai peraturan empat Menteri, tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Covid-19,” kata Kepala SMAN 1 Kurun, Batuah (24/5/).

Pembelajaran tatap muka terbatas dan dibagi menjadi dua sip, yaitu 50 persen untuk kelas X dan XI, ” Tentu saja, kemudian masuk lagi jam kedua,” ujarnya.

Pihak sekolah sudah melaksanakan dua kali rapat pembentukan Satgas Covid-19, dan penjelasan pembelajaran tatap muka terbatas, terkait fasilitas cuci tangan, sudah tersedia 12 buah bangunan permanen menggunakan keramik.

“Kini akan ditambah 20 wastafel lagi untuk persiapan tatap muka terbatas pada bulan Juli tahun pelajaran baru. Saya berharap tahun pelajaran baru 2021-2022 nanti keperluan cuci tangan semuanya sudah lengkap,” targetnya.

Batuah menyampaikan, dimasa pandemi Covid-19, pihak sekolah selalu disiplin semprotkan desinfektan dalam kelas sebelum pelajaran dimulai.

Terkait metode KMB yang baru ini, pihak sekolah terus mengevaluasi berbagai kekurangan dan kelemahan, untuk ke depan kesiapan sekolah sudah mencapai 70 atau 80 persen sudah matang.

“Untuk waktu pembelajaran tahap satu, yakni ada dua mata pelajaran, dimana sesuai petunjuk rata-rata satu sesi pelajaran dilaksanakan tiga jam,” tandasnya.

Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 1 Kurun, Tryoanda Nazaret mengatakan, sejauh ini peserta didik di sekolahnya banyak yang setuju dengan dilakukannya pembelajaran tatap muka.

“Karena kami para siswa merasa jenuh dan terkendala dalam proses belajar secara daring. Semoga metode belajar tatap muka ini bisa mulai dilaksanakan di tahun ajaran baru, seperti arahan yang diberikan oleh pihak sekolah,” tutup Yoan sembari gembira.