Kuala kurun – Perubahan RPJMD menjadi hal yang sangat penting dan strategis dalam upaya mewujudkan Visi dan Misi Gunung Mas 2024. Perubahan RPJMD memberikan kita kesempatan untuk mempertegas kembali Tujuan, Strategi serta Arah Kebijakan Pembangunan yang telah kita susun sebelumnya.

Titik penting dalam penyusunan Perubahan RPJMD adalah, bagaimana dokumen menjadi kebutuhan terhadap ketersediaan rencana pembangunan daerah yang adaptif, inovatif dan mampu menjawab fakta permasalahan yang ada.

“Saya berharap peserta berpartisipasi aktif dalam memberikan kontribusi pemikiran penyempurnaan dokumen sebelum ditindak lanjuti pada tahap pelaksanaan selanjutnya oleh tim penyusun,” Kata Bupati Gumas Jaya Samaya Monong saat membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Perubahan RPJMD tahun 2019 -2024, di aula Bappedalitbang, Kamis (29/4/2021).

Beliau menyampaikan, Prioritas pada Perubahan RPJMD dapat mengacu pencapaian Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas. “Perubahan RPJMD hanya merasionalkan kembali tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan demi terwujudnya Visi dan Misi  terhadap kondisi selama Pandemi Covid-19,” jelas Jaya.

Bupati Gumas menjelaskan, kualitas RPJMD menjadi salah satu dasar penilaian Akuntabilitas Kinerja Pemeritah Daerah, maka dalam hal menetapkan indikator dan target kinerja Perangkat Daerah disesuaikan dengan kebutuhan program dan kegiatan yang menjadi skala prioritas.

“Dalam penyusunan program harus benar-benar direncanakan dengan baik, mengingat penganggaran program tidak dapat dialokasikan apabila tidak sesuai dengan dokumen perencanaan, dan proses penyusunan RKPD,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappedalitbang Yantrio Aulia menyampaikan, tujuan pelaksanaan yakni, mendapatkan masukan penting dan saran dalam rangka penyempurnaan terhadap Rancangan Awal Perubahan RPJMD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2019-2024.

“Perubahan RPJMD hanya mereview dan menganalisa kembali relevansi tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan serta program prioritas apa yang dapat menjawab isu dan permasalahannya,” terang Yantrio.

Kegiatan tersebut diiringi dengan penyerahan piagam penghargaan oleh Bupati dan Wakil Bupati serta Forkopimda diantaranya, lomba penyediaan tempat mencuci tangan, antar  Perangkat Daerah, dalam rangka mencegah penyebaran Covid – 19, yang dimotori Palang Merah Indonesia (PMI) Gumas.

Turut hadir, Asisten II Setda, Kepala Perangkat Daerah terkait, Lembaga Swadaya Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Agama di lingkup Kabupaten Gunung Mas.

%d blogger menyukai ini: