Kuala kurun – Kegiatan Transpormasi Perpustakaan Berbasis Inklus Sosial (TPBIS), yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dapat meningkatkan layanan Perpustakaan dan memberikan edukasi bagi masyarakat dalam mengembang kemampuan, keterampilan di dunia usaha.

“Secara khusus bagi ibu-ibu rumah tangga dan remaja putri, agar dapat menambah penghasilan perekonomian keluarga mereka,” Ucap Ketua TP-PKK Mimi Mariatie Jaya Samaya Monong, saat kegiatan sosialisasi TPBIS, kamis (25/3/2021).

Kegiatan ini sangat bersinergi dengan Program TP-PKK, secara khusus Pokja II, yaitu UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga). “Terima kasih atas kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas dengan TP-PKK Kabupaten Gunung Mas yang sudah melaksanakan kegiatan ini,” tuturnya.

Ia berharap, dalam kegiatan pelatihan membuat keripik singkong dan keripik pisang, dapat diikuti dengan baik oleh seluruh peserta, sehingga dapat membawa perubahan peningkatan ekonomi keluarga dalam menghadapi krisis ekonomi di masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

“Dalam kegiatan ini saya mengingatkan, agar kita semua untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan melaksanakan 4 (empat) M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan),” kata Mimi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas Edwin Yustian mengatakan, kegiatan Tranpormasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial bertujuan memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga kemampuan literasi meningkat dan berujung pada peningkatan kualitas masyarakat dan akses akan informasi yang cepat.

“Dengan kegiatan sosialisasi dan pelatihan diharapkan mampu menjawab akan kebutuhan masyarakat apalagi ditengah – tengah kondisi pandemi Covid-19,” kata Edwin.

Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut kerjasama (MoU) antara Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kabupaten Gunung Mas dan Ketua TP-PKK Kabupaten Gunung Mas yang sudah ditandatangani pada Tahun 2020 yang lalu.

Kegiatan tersebut dihadir oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Gunung Mas Mimi Mariatie Jaya Samaya Monong, Kepala Dinas Perpustakan dan Kearsipan Edwin Yustian, Ketua Dharmawanita Persatuan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Susi Sukarningsih Edwin Yustian, Ketua TP-PPK Kecamatan Kurun beserta Anggota, narasumber dan peserta kegiatan lainnya.