Kuala kurun – Acara penyerahan piagam penghargaan pemenang lomba inovasi perangkat daerah juara I, II dan III tingkat Kabupaten Gunung Mas di laksanakan Bappedalitbang Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kamis (17/9/2020).

Dari 8 perangkat daerah yang mengikuti lomba inovasi perangkat daerah, panita lomba inovasi perangkat daerah melaksanakan penilaian berdasarkan persyaratan umum, kriteria dan 28 indikator penilaian yang sudah ditentukan dalam buku panduan lomba inovasi perangkat daerah yang terdapat dalam surat edaran Bupati Gunung Mas sehingga memperoleh pemenang I  yaitu Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Gunung Mas dengan nilai 1940, pemenang II yaitu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Gunung Mas dengan nilai 720.Pemenang ke III yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas dengan nilai 475.

Kegitan tersebut dipimpin oleh Wakil  Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing, di damping Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas Yansiterson, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Gunung Mas Yantrio Aulia serta sejumlah kepala perangkat derah terkait lainnya.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Gunung Mas Yantrio Aulia mengatakan, lomba inovasi perangkat daerah dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2020 s/d 30 Juli 2020. Bentuk inovasi dilombakan, A. Tata kelola pe merintahan daerah B. Pelayana Publik C. Inovasi bentuk lainnya.

Diaharapkan dengan adanya lomba inovasi perangkat daerah tingkat Kabupaten Gunung Mas tahun 2020, dapat mendorong kompetesi yang positif antara perangkat daerah di lingkungan Kabupaten Gunung Mas secara transparan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Terima kasih kepada tim lomba inovasi perangkat daerah tingkat Kabupaten Gunung Mas tahun 2020 atas kerjasamanya selama ini sehingga lomba inovasi perangkat daerah ini dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing mengatakan, penyerahan piagam penghargaan lomba inovasi perangkat daerah tingkat Kabupaten Gunung Mas tahun 2020, merupakan bentuk apresiasi dari Pemerintah daerah kepada perangkat daerah yang mendapatkan penghargaan, serta memotivasi perangkat daerah lainnya untuk lebih meningkatkan kreativitas dan motivasi dalam pelaksanaan program dan kebijakannya di seluruh aspek.

Kebijakan penilaian dan pemberian penghargaan Pemerintah daerah yang inovatif, dilaksanakan melalui system Aplikasi indek inovasi daerah, yang mengandung nilai-nilai strategis yang secara langsung dapat mempengaruhi dalam mengupayakan kemandirian daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui program dam kebijakan pemerintah daerah yang inovatif.

Tujuan dari kegiatan lomba inovasi perangkat daerah tingkat Kabupaten Gunung Mas tahun 2020 adalah. Yang pertama memacu dan memotivasi perangkat daerah untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam pelayanan masyarakat. Yang kedua mendorong arah penyelenggaraan pemerintah daerah dan pembangunan daerah, sesuai dengan kebijakan pembangunan Kabupaten Gunung Mas , yang selaras dengan penerapan good governace.

Yang ketiga meningkatkan kesadaran dan partisiopasi Aparatur Sipil Negara (ASN) terhadap proses-proses inovasi yang sedang dilakukan oleh perangkat daerah, yang keempat memberikan penghargaan kepada perangkat daerah yang melakukan inovasi dan kreativitas dalam penyelenggaraan pemerintah daerah secara transparan dan bertanggung jawab, dalam upaya peningkatan, pemberdayaan dan daya saing daerah.

“Untuk penang lomba inovasi perangkat daerah tingkat Kabupaten Gunung Mas selamat, kepada Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Gunung Mas yang akan mengikuti lomba tingkat nasional dan harapannya supaya bisa menjadi juara satu,” pungkasnya.

%d blogger menyukai ini: