Kuala kurun – Polres Gunung Mas (Gumas) melaksanakan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di halaman Gedung Pertemuan Umum Damang Batu , Selasa (1/9/2020).

Jadi simulasi ini, kami melaksanakan latihan pra operasi secara teori dan simulasi tactical floor games (TFG). Karena itu, ini menunjukan kesiapan Kabupaten Gunung Mas seluruh Instansi terkait dari Pemerintah Daerah dan kami dari pihak Kepolisian, dibantu dengan rekan TNI dan instansi terkait lainnya. KPU sebagai penyelenggara dan Bawaslu sebagai pengawas bersama-sama kita menunjukan suasana aman  dan damai dalam rangka pengamanan Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Gunung Mas secara khususnya. Kata AKBP Rudi Arisman

Saat simulasi berlangsung, disaksikan langsung oleh Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong,  Kapolres Gunung Mas AKBP Rudi Arisman, Plt. Pabung Kodim 1016 Plk Kapten Muhamad Ayyub, Kejari Kabupaten Gunung Mas Anthony, yang mewakili Ketua Pengadilan Negeri Kelas II Kuala Kurun, Komisioner KPU Kabupaten Gunung Mas Yepta H. Jinal, Ketua Bawaslu Kabupaten Gunung Mas Walman Tristianto.

Kapolres Kabupaten Gunung Mas AKBP Rudi Arisman mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan itu sebagai persiapan Pilkada 2020.

“Persiapan simulasi Sispamkota ini sudah dipersiapkan selama empat hari yang lalu, semoga acara kegiatan puncak pada hari ini dapat berjalan dengan baik dan seluruh personil Polres Gunung Mas yang terlibat dapat serius malaksanakan seperti yang sebenarnya,” kata Rudi Arisman.

Lanjut dia ini adalah kegiatan awal pengamanan Pilkada di mulai pada tanggal 3 September yang akan melakukan pengamanan Pam Pilkada tahun 2020 dengan Mantap Praja, sehingga dilakukan latihan Pra Operasi pada siang hari ini.

Untuk personil yang diturunkan mengikuti simulasi tersebut sebanyak 170 personil yang terlibat dalam pengamanan pilkada tahun 2020.

“Dana tersebut didukung dari Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk Polres Gunung Mas sebesar 1,7 miliar. Mulai dari tahapan tanggal 3 Desember  mulainya beroperasi sampai berakhir operasi pengamanan pilkada ini,” terangnya.

Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong mengapresiasi kegiatan Simulasi Sistem Pengamanan Kota yang dilakukan Kapolres dengan jajarannya yang telah mempersiapkan antisipasi simulasi ini, tentunya lebih baik kita antisipasi dari awal.

“Kegiatan ini juga melibatkan TNI dan Satpol PP Kabupaten Gunung Mas, tentunya semua pihak mendukung untuk tertib dan aman dan lancar Pilkada pada tanggal 9 Desember tahun 2020 ini,” pungkasnya.