Gunung Mas – Ratusan umat agama Hindu memeriahkan dan meramaikan Balai Bintang Lampang Patentuk Kalampangan jalan Damang sawang, Kelurahan Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun dalam Rangka Memperingati Dharma Shanty Perayaan hari raya Nyepi umat Hindu Kabupaten Gunung Mas Tahun Baru Caka 1941 Tahun 2019 Masehi, Kamis (11/4/19).

Kegiatan yang bertema “ melalui Catur Brata Penyepian kita sukseskan Pemilu 2019” dan bersubthema “ dengan semangatnya hari raya Nyepi Tahun Baru Caka 1941, kita tingkatkan persatuan dan kesatuan sebagai perekat landasan kerukunan kehidupan umat beragama di Kabupaten Gunung Mas”

Bupati Gunung Mas yang diwakili Asisten I Setda, Ambo Jabar dalam hal itu mengatakan bahwa peringatan Dharma Santi Nyepi ini adalah wujud rasa keagamaan dan kerohanian umat Hindu Kaharingan yang wajib dilaksanakan. Pelaksanaan Dharma Santi Nyepi dimaksudkan pula sebagai pembinaan dan pendidikan keagamaan bagi anak-anak, generasi muda dan umat Hindu Kaharingan, dengan demikian mereka merasa memiliki kebanggaan sebagaimana umat beragama lainnya.

“Nyepi merupakan momentum untuk membersihkan cermin diri sendiri dari kotoran dan debu debu baik berupa emosi ambisi dan hawa nafsu bagi kita yang benar benar menjalankannya dengan baik, ucap Ambo Jabar”

Ketut Mindri, S. Ag selaku ketua panitia menyampaikan laporannya dalam hal maksud dan tujuan kegiatan yakni,  “Sebagai wahana untuk membangun komunikasi antara umat beragama dan pemerintah dalam hal meningkatkan persatuan dan kebersamaan dalam pengembangan dan pemberdayaan umat,  agar saling menjalin silahturahmi antar sesema umat beragama dalam rangka menciptakan kerukunan”, ucapnya.

Tampak hadir, Bupati Gunung Mas yang diwakili Asisten I Setda, sejumblah kepala SOPD, dan perwakikan dari TNI, Polri,serta masyarakat umat hindu yang ada di kuala kurun.